ClisteHealth

Penyebab Terlambat Datang Bulan (Selain Kehamilan)

Amenorea, atau terlambat datang bulan, kerap dialami oleh kaum wanita. Bagi mereka yang sedang mendamba kehadiran buah hati, haid yang tak kunjung datang bisa jadi kabar yang menggembirakan. Namun bagi lainnya, terlambat bulan bisa menimbulkan pertanyaan besar.

Ada dua jenis amenorrhea. Yang pertama adalah amenorea primer — jika Anda berusia lebih dari 15 tahun dan belum pernah mengalami menstruasi sama sekali. Yang kedua adalah yang palig kerap dijumpai — amenorea sekunder atau keadaan di mana menstruasi yang biasanya normal tiba-tiba berhenti begitu saja.

Mayoritas wanita mengalami 11-13 kali haid setiap tahunnya. Menstruasi bulan depan biasanya datang kembali 28 hari setelah menstruasi yang datang bulan ini berakhir. Namun kurun waktu 21 hingga 35 hari pun masih termasuk normal. Jika haid yang dinanti tak kunjung datang, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui penyebabnya adalah melakukan tes kehamilan di rumah. Jika Anda yakin kehamilan bukanlah penyebab dari ‘bulan yang enggan berkunjung’, dan Anda juga tidak sedang menggunakan alat kontrasepsi (kecuali kondom lho ya!) serta Anda tidak sedang menyusui, mungkin beberapa penyebab terlambat datang bulan atau haid berikut dapat membantu Anda mencari solusi dari masalah menstruasi Anda.

Stress

Stress menggangu kerja hipotalamus (suatu bagian seukuran mutiara dalam otak yang salah satu tugasnya adalah mengatur jadwal menstruasi pada wanita) sehingga proses ovulasi dalam organ reproduksi Anda otomatis terganggu. Dan ketika ovulasi tidak lagi terjadi sesuai jadwalnya, maka kacau pula jadwal menstruasi Anda. Jika stress sudah reda, niscaya haid akan datang kembali.

Berat badan

Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal, dibutuhkan sejumlah lemak dalam tubuh Anda. Sel-sel lemak ini bertanggungjawab dalam produksi estrogen yang merupakan hormon yang bertugas mematangkan sel-sel telur sehingga haid datang teratur.

Pada tubuh yang kegemukan, lemak yang terlalu banyak dapat memicu produksi estrogen yang berlebih. Over produksi ini membuat tubuh bereaksi seakan-akan Anda mengkonsumsi (misalnya) pil KB sehingga ovulasi tidak terjadi dan menstruasi tidak datang atau datang terlambat. Sedang pada tubuh yang terlalu kurus, persediaan lemak yang terbatas menghambat produksi estrogen. Akibatnya proses ovulasi terganggu atau bahkan tidak terjadi ovulasi sama sekali sehingga haid pun tidak datang.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang mengganggu jadwal menstruasi pada wanita. Di antaranya adalah obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-depresan, dan kortikosteroid oral dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.

Masalah pada kelenjar tiroid & ketidakseimbangan hormon

Tiroid itu seperti pabrik hormon dalam tubuh kita. Gangguan atau kelainan pada kelenjar tersebut tentu dapat mengganggu proses produksi hormonnya. Sedang siklus menstruasi diatur hormon, sedikit saja perubahan dalam level masing-masing hormon dalam tubuh wanita dapat berpengaruh begitu besar dalam keseharian seorang wanita. Keseimbangan hormon yang tidak terjaga dapat mengakibatkan datang bulan tidak teratur. Contohnya ketika estrogen dan androgen seorang wanita levelnya terlalu tinggi, siklus menstruasinya akan terganggu.

Masalah pada uterus

Penyakit atau prosedur medis yang melukai uterus dapat menghambat siklus menstruasi reguler Anda. Uterus dapat terluka oleh sebab bedah cesar, juga adanya komplikasi penyakit.

Jika Anda sedang mengalami terlambat datang bulan, jangan terlalu khawatir (apalagi kalau baru terlambat seminggu) karena kekhawatiran dapat menyebabkan stress. Semakin stress, jadwal menstruasi akan semakin tak menentu. Tenangkan diri, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan tentu saja jaga kesehatan Anda.

22 thoughts on “Penyebab Terlambat Datang Bulan (Selain Kehamilan)

  1. Dokter teman sy mengeluh bulan ini belum mendapatkan haid. Kmrin haid tgl 18 Feb lalu melakukan hub. Dg pacarnya tgl 28 feb dan setelahnya minum pelncar datang bulan. Dy bilng terasa kram setelah minum dan lngsung haid 2 hari setelah bberapa hari kemudian. Tpi hingga sekrang tgl 29 Maret belum juga mendapat haid. Untuk test pack dy takut dok. Kira2 bagaimana menurut dokter? Terimkasih

Ada pertanyaan seputar topik di atas?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s