ClisteHealth

Penyebab Terlambat Datang Bulan (Selain Kehamilan)

Amenorea, atau terlambat datang bulan, kerap dialami oleh kaum wanita. Bagi mereka yang sedang mendamba kehadiran buah hati, haid yang tak kunjung datang bisa jadi kabar yang menggembirakan. Namun bagi lainnya, terlambat bulan bisa menimbulkan pertanyaan besar.

Ada dua jenis amenorrhea. Yang pertama adalah amenorea primer — jika Anda berusia lebih dari 15 tahun dan belum pernah mengalami menstruasi sama sekali. Yang kedua adalah yang palig kerap dijumpai — amenorea sekunder atau keadaan di mana menstruasi yang biasanya normal tiba-tiba berhenti begitu saja.

Mayoritas wanita mengalami 11-13 kali haid setiap tahunnya. Menstruasi bulan depan biasanya datang kembali 28 hari setelah menstruasi yang datang bulan ini berakhir. Namun kurun waktu 21 hingga 35 hari pun masih termasuk normal. Jika haid yang dinanti tak kunjung datang, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui penyebabnya adalah melakukan tes kehamilan di rumah. Jika Anda yakin kehamilan bukanlah penyebab dari ‘bulan yang enggan berkunjung’, dan Anda juga tidak sedang menggunakan alat kontrasepsi (kecuali kondom lho ya!) serta Anda tidak sedang menyusui, mungkin beberapa penyebab terlambat datang bulan atau haid berikut dapat membantu Anda mencari solusi dari masalah menstruasi Anda.

Stress

Stress menggangu kerja hipotalamus (suatu bagian seukuran mutiara dalam otak yang salah satu tugasnya adalah mengatur jadwal menstruasi pada wanita) sehingga proses ovulasi dalam organ reproduksi Anda otomatis terganggu. Dan ketika ovulasi tidak lagi terjadi sesuai jadwalnya, maka kacau pula jadwal menstruasi Anda. Jika stress sudah reda, niscaya haid akan datang kembali.

Berat badan

Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal, dibutuhkan sejumlah lemak dalam tubuh Anda. Sel-sel lemak ini bertanggungjawab dalam produksi estrogen yang merupakan hormon yang bertugas mematangkan sel-sel telur sehingga haid datang teratur.

Pada tubuh yang kegemukan, lemak yang terlalu banyak dapat memicu produksi estrogen yang berlebih. Over produksi ini membuat tubuh bereaksi seakan-akan Anda mengkonsumsi (misalnya) pil KB sehingga ovulasi tidak terjadi dan menstruasi tidak datang atau datang terlambat. Sedang pada tubuh yang terlalu kurus, persediaan lemak yang terbatas menghambat produksi estrogen. Akibatnya proses ovulasi terganggu atau bahkan tidak terjadi ovulasi sama sekali sehingga haid pun tidak datang.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang mengganggu jadwal menstruasi pada wanita. Di antaranya adalah obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-depresan, dan kortikosteroid oral dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.

Masalah pada kelenjar tiroid & ketidakseimbangan hormon

Tiroid itu seperti pabrik hormon dalam tubuh kita. Gangguan atau kelainan pada kelenjar tersebut tentu dapat mengganggu proses produksi hormonnya. Sedang siklus menstruasi diatur hormon, sedikit saja perubahan dalam level masing-masing hormon dalam tubuh wanita dapat berpengaruh begitu besar dalam keseharian seorang wanita. Keseimbangan hormon yang tidak terjaga dapat mengakibatkan datang bulan tidak teratur. Contohnya ketika estrogen dan androgen seorang wanita levelnya terlalu tinggi, siklus menstruasinya akan terganggu.

Masalah pada uterus

Penyakit atau prosedur medis yang melukai uterus dapat menghambat siklus menstruasi reguler Anda. Uterus dapat terluka oleh sebab bedah cesar, juga adanya komplikasi penyakit.

Jika Anda sedang mengalami terlambat datang bulan, jangan terlalu khawatir (apalagi kalau baru terlambat seminggu) karena kekhawatiran dapat menyebabkan stress. Semakin stress, jadwal menstruasi akan semakin tak menentu. Tenangkan diri, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan tentu saja jaga kesehatan Anda.

11 gagasan untuk “Penyebab Terlambat Datang Bulan (Selain Kehamilan)

  1. Dok, pada bulan april lalu saya tdk datang haid dan bulan ini pun sepertinya ga ada tanda” akan hal itu apakah ini masalah serius? Umur saya 21thn dan masih singel dan belum pernah berhubungan intim. Sampai saya melakukan tes kehamilan yang hasilnya negatif seperti yg saya yakini. Saya memang punya riwayat hal seperti ini sewakrtu umur saya 15/16thn, waktu itu saya hampir 6blan tdk datang bulan tp sebelum 6bulan itu saya datang bulan hampir 1bulan lamanya..
    Berat badan saya memang termaksud obesitas, pada saat itu saya di anjurkan untuk diet, dan berhasil setelahnya haid saya normal dan waktunya pun normal walau sakit yg menyerang dikala haid pertama itu sangat” menyiksa. Nah setelah kejadian bulan kemari saya melakukan hal yang sama yairtu diet karna memang berat badan saya naik tdk terkontrol tp sampai minggu ke3 ini tampaknya bulan yang ditunggu” tidak datang juga, please reply komentar ini ya, thanks :)

  2. dok,, pcar sya udah 2 minggu lebih blm haid,,
    sblmx kita pernah melakukan hub intim,,
    tpi air sperma saya tdk dhi masukan ke dlm vagina,,
    dn sblmx juga pcar saya sempat minum hormon sya..??
    kira” apa penyebabx dok..??

  3. dok saya telat haid 2 bulanan
    saya juga blm prnah melakukan hub intim tapi sya sdah 2x memeriksakan dngn testpack
    apakah normal ? saya juga memiliki maag akut, apakah itu berpengaruh ?

  4. dok, saya sudah telat haid 1 mgg. trakhir saya berhubungan dengan suami saya 3 bln lalu, krn suami saya kn berlayar. saya blm sempat testpack. apa saya bs dikatakan hamil dok..?? atau, saya 2 mgg yg lalu stlh haid bln lalu saya kena sakit DB, sempat di opnam jg kurg lebih 2 mgg. apa it yg meyebabkan sy terlambat datang bulan ya dok…??
    tlg jawabannya, mksh dok…

  5. dok saya haid tgl 29 juli nah beres tgl 7 agustus sampe sekarang saya belum haid juga saya belum pernah melakukan hubungan intem saya harus gimana dok

  6. dok.. z gadis brusia 22 thun, dan msi single. sejak sy pertma dpt haid siklusx tdk prn tetap, kadang 1 bln, 2 bln, bahkan smpai 3 bln bru dapat lg. trakhir in 2 bln bru sy haid, tp tdk lancar dok, hx sedikit skali yg kluar dan brwarna hitam ke coklatan, minta saranx dok, apakah haid sy trbilang normal atau tdk..? trmks..

Ada pertanyaan seputar topik di atas?

